Khasiat Temulawak


          Khasiat temulawak bagi kesehatan tentu sudah tidak perlu diragukan lagi karena temulawak sudah sejak lama digunakan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Temulawak termasuk dalam jenis tanaman temu-temuan seperti kunyit dan jahe. Masyarakat Sunda biasa menyebut temulawak dengan ‘Koneng Gede’ sementara masyarakat Madura biasa menyebutnya ‘Temulabak’. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Curcuma Xanthorhizal ini merupakan tanaman asli Indonesia dan telah menjadi ikon obat tradisional untuk jamu. Bagian yang digunakan untuk pembuatan obat adalah bagian umbinya atau rimpangnya. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan yang dimiliki temulawak lebih kompleks daripada ginseng sehingga khasiat temulawak pun lebih banyak untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan jika mengkonsumsi jamu temulawak.

Mencegah Reumatik dan Asam Urat
Temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti peradangan alami sehingga temulawak dapat membantu mengatasi gejala peradangan sendi atau reumatik dan mencegah serangan asam urat. Jika Anda terkena reumatik, konsumsi jamu temulawak juga dapat membantu mengurangi reumatik.
Menghilangkan Rasa Nyeri Saat Menstruasi
Bagi kaum wanita, nyeri saat menstruasi tentu sangat menyiksa. Temulawak memiliki khasiat sebagai penawar rasa sakit yang alami sehingga jika Anda minum jamu temulawak secara teratur, rasa nyeri saat menstruasi pun tidak akan terasa lagi.
Memelihara Fungsi Hati
Temulawak mengandung zat yang disebut kalagoga. Kandungan ini berfungsi untuk membantu meningkatkan produksi empedu dan merangsang tubuh mengosongkan kantung empedu. Temulawak bekerja dengan mengurangi kinerja enzim GOT (Glutamate Oksaloasetat Transaminase) dan menurunkan kinerja enzim GPT (Glutamate Piruvat Transaminase) baik secara klinik maupun secara pra klinik. Berdasarkan hasil uji klinis, dosis yang digunakan untuk mendapatkan manfaat menurunkan SGOT dan SGPT yakni sekitar 15-30 mg kurkumin.
Memperbaiki Fungsi Pencernaan
Serbuk rimpang temulawak dapat membantu meningkatkan aktivitas di dalam cairan lambung sehingga dapat membantu proses metabolisme dan menurunkan kontraksi yang terjadi di usus halus. Untuk mendapatkan manfaat ini, ambil dua gram rimpang temulawak kering. Panaskan rimpang dengan air mendidih selama 15 menit. Setelah itu, saring airnya dan minum 3 kali sehari.
khasiat temulawak
Menambah nafsu makan
Kandungan minyak atsiri dalam temulawak bersifat karminativum yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Banyak orang tua jaman dulu yang memberikan sari temulawak bagi anak-anaknya yang kurang nafsu makan. Untuk mendapatkan manfaat ini, caranya ambil 25 gram temulawak, gula merah, dan 10 gram asam jawa. Rebus ketiga bahan ini dengan 600 cc air sampai hanya tersisa separuhnya. Setelah itu saring airnya dan minum air tersebut.
Menurunkan Lemak Dalam Darah
Sari temulawak dan fraksi kurkuminoid temulawak mampu menurunkan kada kolesterol, trigliserida, dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Komponen yang berperan dalam menurunkan kadar lemak darah ini adalah kurkuminoid.
Mengatasi Radikal Bebas
Kandungan kurkumin pada temulawak memang memiliki banyak sekali manfaat, termasuk sebagai antioksidan. Kurkumin dapat membantu tubuh menangkap radikal bebas oksigen dan radikal hidroksil sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.
Mengatasi Jerawat
Bagi Anda yang berjerawat, temulawak mungkin dapat membantu mengatasi masalah Anda yang satu ini. Kita tahu bahwa kurkumin pada temulawak berperan sebagai antioksidan sehingga kurkumin inilah yang membantu menghilangkan kotoran-kotoran pada wajah yang telah menjadi jerawat. Cara mengatasi jerawat dengan temulawak cukup mudah. Anda bisa mengambil 1 jari rimpang temulawak yang sudah dicuci bersih. Potong-potong rimpang tersebut dan rebus dlam empat gelas air minum hingga tersisa separuhnya. Setelah mulai dingin, saring air tersebut dan tambahkan madu dalam air yang telah disaring tadi. Mnum ramuan ini 2 kali sehari secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.
Menyembuhkan Wasir
Karena khasiat temulawak berfungsi untuk memelihara organ pencernaan, temulawak juga dapat membantu menyembuhkan wasir atau ambeien. Wasir disebabkan karena luka pada usus besar sehingga menyebabkan terjadinya pembuluh darah di area sekitar usus besar. Saat mengejan, darah tertahan sehingga menimbulkan pembengkakan pembuluh darah. Kandungan di dalam temulawak dapat membantu melancarkan peredaran darah, memperbaiki fungsi usus besar, dan membersihkan lambung.
Mencegah Stroke dan Serangan Jantung
Khasiat temulawak lainnya adalah mengencerkan darah di dalam pembuluh darah sehingga dapat membantu mencegah stroke atau penyakit jantung. Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang disebabkan karena darah menggumpal di dalam tubuh sehingga sulit mengalir dan beredar di dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mendapatkan khasiat temulawak ini, Anda harus mulai minum jamu temulawak secara teratur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Larutan : Cap Kaki Tiga atau Cap Badak ????

MACAM-MACAM BENTUK SEDIAAN OBAT

PERBEDAAN SISTEM PARTITION 1, 2 & 3 SERTA MACAM PARTISI