MACAMNYA HARDWARE (?????????????????????????????????)


 
 
                                                                         



      
         Pada kesempatan kali ini, saya mau nge-share mengenai macam Hardware,, Semoga bermanfaat yaaa...................................................



       H A R D W A R E

               1. PROCESSOR/ CPU

a.     TIPE / JENIS

a.      Arithmatics Logical Unit (ALU)
Merupakan pusta dari segala perhitungan matematis, yang berfungsi untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah system PC.

b.      Control Unit (CU)




Merupakan bagian yang menjadi pengatur semua lalu-lintas data dan perhitungan yang dilakukan oleh prosesor. fungsinya melakukan segala perhitungan dan eksekusi secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah lainnya.

c.       Memory Unit (MU)
Merupakan unit pendukung. Semua perintah yang sering digunakan oleh prosesor akan disimpan sementara pada bagian ini. Pada prosesor modern, memori unit sudah berada pada bagian prosesornya (core). Umumnya, memori ini disebut sebagai cache memory yang dibenamkan pada sebuah prosesor, sehingga kecepatan eksekusinya semakin membaik.


b.     Socket
digunakan secara luas dalam dunia komputer untuk menggambarkan konektor
yang menghubungkan motherboard dengan prosesor, khususnya untuk tipe
komputer desktop dan server.



c.      Speed Processor / Kecepatan
Kecepatan dari prosesor dinyatakan dalam satuan MHz atau GHz yang disebut dengan clock speed. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Semakin besar ukurannya, semakin cepat proses pengolahan dan pengaksesan data atau informasi tersebut.

d.     Chipset
Fungsinya mengatur jalan-jalan mana yang harus dilalui data agar sampai di tempat tujuan.

e.       Cache
Berfungsi membantu Processor mencapai data / ingatan dengan pantas. Terkadang juga menggantikan fungsi sementara RAM , hanya untuk data yang paling kerap digunakan.

         2.    MEMORY / RAM

a.      TIPE/ JENIS
Beberapa tipe dari RAM adalah :
            1. DRAM : Dynamic RAM merupakan memory chip yang digunakan pada memory            utama      komputer. DRAM memiliki karakter harus terus-menerus direfresh dengan pulsa            listrik             untuk mempertahankan data yang disimpan dalam chip.
            2. SRAM : Static RAM merupakan chip yang digunakan sebagai memori cache. SRAM   jauh lebih cepat daripada DRAM dan tidak perlu sering-refresh.



            3. FPM Memory : Fast Page Mode DRAM merupakan memory sedikit lebih cepat           daripada DRAM konvensional. Sementara DRAM standar mengharuskan baris dan   kolom yang akan dikirim untuk setiap akses, FPM bekerja dengan mengirimkan alamat      baris hanya sekali bagi banyak akses ke memori di lokasi dekat satu sama lain,        meningkatkan waktu akses. FPM memori sendiri adalah versi perbaikan dari           pendahulunya, yang sudah sangat jarang digunakan saat ini.
             

                           



            4. EDO Memory : Extended Data Out RAM ini merupakan Jenis memori yang dapat       menyimpan dan mengambil isi memori secara simultan. Jenis memori ini banyak        menggantikan primary memori yang ada pada PC terdahulu yaitu FPM (Fast Page         Memory) RAM.

           
                        


            5. SDRAM : Synchronous DRAM adalah DRAM yang mampu beroperasi secara            sinkronisasi dengan bus memori. Modul memory dengan clock speed yang lebih tingi    daripada SIMM atau EDO. Biasa dipergunakan pada processor-processor generasi       terbaru. Modul ini biasa dijual dengan spesifikasi bus clock tertentu, misalnya        32MB/133Mhz, artinya SDRAM dg kapasitas sebesar 32MB yg bekerja pd clock 133Mhz.
           
                


            6. DDR : Double
            Data Rate RAM adalah memori yang dapat mentransfer data dua kali lebih cepat             dibandingkan             SDRAM. DDR mampu meningkatkan performa dengan mentransfer data dua kali per siklus.

           
                             


            7. DDR2 : Double Data rate 2 is a faster than DDR Memory. DDR2 improves       performance over DDR by decreasing noise and crosstalk between the signal wires.

            8. RDRAM : RAMBus DRAM adalah chip memori yang dikembangkan untuk      berkomunikasi pada tingkat yang sangat tinggi kecepatan. Chip RDRAM tidak umum    digunakan.
           


b.    CHIPSET
Berfungsi sebagai kumpulan chips yang dirancang untuk meembantu prosessor dalam melakukan pekerjaan pengolahan data.

c.      KECEPATAN
Saat ini RAM DDR2 mempunyai bandwidth 3,2 GB/s (PC400), agar tidak menganggu pasokan maka saat ini Motherboard menggunakan teknologi Dual Channel yang dapat melipat gandakan bandwidth menjadi 2x dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit. Itu artinya, 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel dapat memasok data dalam jumlah yang pas ke Processor (3,2 GB/s x Dual Channel = 6,4 GB/s).

d.    CACHE
Berfungsi untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.


       3.      MOTHERBOARD

         A.     chipset
      berfungsi untuk mengontrol input dan output (masukan data) kemudian untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari CPU (processor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory ( RAM), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O.n keluaran) yang mendasar pada komputer.

        B.   Northbridge

 juga berperan menentukan jumlah, type dan kecepatan CPU yang dapat dipasangkan pada motherboard, termasuk menentukan jumlah, kecepatan dan type RAM yang dapat digunakan. Setiap jenis chipset, kebanyakan dirancang hanya untuk mendukung seri prosesor.

       C.  Southbridge
Berfungsi mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya.

       D.   Slot
berfungsi sebagai tempat di-installnya Random Access Memory (RAM).
Ada 4 macam Slot :
-Slot PCI-E X16
Slot untuk kartu grafis (VGA) PCI-E X16 pada Motherboard mulai digunakan saat motherboard dengan prosesor LGA 775 untuk processor Pentium 4 dan Celeron, sampai sekarang slot kartu grafis ini masih digunakan. Slot PCI-E X16 menggantikan slot AGP untuk kartu grafis PCIe.
-Slot AGP
Slot untuk kartu grafis (VGA) AGP yang digunakan motherboard versi lama seperti LGA 478 dan Pentium 3, Slot ini sudah jarang digunakan dikarenakan slot ini digunakan oleh motherboard versi lama (jadul), slot kartu grafis untuk motherboard ini perlahan-lahan ditinggalkan karena perekembangan teknologi hardware yang semakin maju sehingga dipasaran juga sulit untuk ditemukan.
-Slot PCI
Slot untuk kartu grafis (VGA) PCI yang digunakan pada motherboard sangatlah multi fungsi, banyak peripheral komputer yang menggunakan slot PCI, tapi untuk slot kartu grafis sudah jarang digunakan, biasanya peripheral yang menggunakan slot PCI ini yaitu sound card, ethernet card, LAN card.
-Slot PCI-E X1
Slot PCI-E X1 hampir sama kegunaannya dengan slot PCI, tetapi belum banyak yang menggunakan slot ini, mungkin karena slot ini hanya memiliki 1 jalur: (x1 memiliki 1 lajur), sehingga slot ini lebih sering digunakan untuk perangkat atau device lainnya.

        4.  HARD DRIVE / HARD DISK

a.     Chipset
Berfungsi untuk mengatur kecepatan transfer data.


b.    Tipe / Jenisnya

1. Hardisk ATA / EIDE
Hard disk dengan tipe EIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment)adalah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai untuk koneksi ke bus.
2. Hardisk SCSI
Banyak disk memiliki antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI daripada bus PCI.
Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke banyak disk drive karena antar muka drive secara aktif dihubungkan ke bus SCSI hanya pada saat drive tersebut siap untuk transfer data.

3. Hardisk RAID
           Menjanjikan performa yang luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar    dan handal. Disk tersebut digunakan baik dalam komputer performa tinggi atau         dalam sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tingi dari tingkat normal

4. Hardisk SATA
menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi serta mengurani. latensi Sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus paralel.

5. Hardisk SSD
Seperti yang kita ketahui bahwa hardisk yang selama ini kita gunakan sebagai media penyimpanan masih mempunyai bagian mekanik didalamnya, sedangkan media SSD (Solid State Disk) sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori komputer. Bila Anda perhatikan bahwa media seperti USB Drive ini tidak memiliki bagian yang bergerak.
Memang kedepannya media penyimpanan akan lebih mengarah ke SSD karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan media penyimpanan saat ini seperti Harddisk.

         5.    GRAPHIC CARD / KARTU GRAFIS

                       

Kartu VGA (Video Graphic Adapter) / Graphic Card berguna untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.

a.       KECEPATAN  
Kartu VGA dengan menggunakan memori RAMBUS jumlahnya masih sedikit (RAMBUS adalah memori yang digunakan pada mesin-mesin game, seperti: Nintendo dan Sega), sejauh ini hanya kartu grafis produksi Creative Labs (MA-302, MA-332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme) yang sudah mempergunakannya.

b.       Graphic Accelerator chipset
Digunakan untuk  memasukkan kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya.



       6.     PERIPHERAL / PERANGKAT TAMBAHAN

         A.     Chipset pada video card berfungsi untuk mengontrol rendering grafik 3 dimensi dan output berupa gambar pada monitor.

         B.    3D Accelerator (akselerator tiga dimensi), yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah/menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna. Akselerator


       7.    NETWORK CARD / KARTU JARINGAN
Fungsi utama dari Network Card adalah mengijinkan komputer untuk berkomunikasidalam network. Ia melakukan hal ini dengan mengirim/menerima danmengontrol traffic dengan komputer atau peralatan lain yang ada pada network.
a.     Chipset
               Fungsinya untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk               data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.
Pada Laptop, penggunaan Kartu Jaringan ini dari jenis adapter jaringan ada dua macam yaitu yang untuk adapter jaringan kabel dan untuk adapter jaringan wireless .






 
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Larutan : Cap Kaki Tiga atau Cap Badak ????

MACAM-MACAM BENTUK SEDIAAN OBAT

PERBEDAAN SISTEM PARTITION 1, 2 & 3 SERTA MACAM PARTISI